Minggu, 31 Maret 2013

System Berkas (File) pada Sistem Operasi

 System Berkas (File) pada Sistem Operasi
Sistem berkas atau pengarsipan adalah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan. Semua sistem operasi mulai dari DOS, Windows , Macintosh dan turunan UNIX memiliki sistem berkas sendiri untuk meletakkan file dalam sebuah struktur hirarki.  
Berkas adalah sebuah  koleksi informasi berkaitan yang diberi nama dan disimpan di dalam secondary storage. Macam-macam dari jenis berkas adalah: 
  1. Text File
  2. Source File
  3. Objectr File
  4. Executable File
ISTILAH DASAR SISTEM BERKAS
  1. Data : Representasi dari fakta yang dimodelkan dalam bentuk gambar, kata, angka, huruf dan lain sebagainya.
  2. Elemen data : salah satu nilai tunggal dengan satu petunjuk nama dan deskripsi karakteristik seperti tipe ( Char, nomor, kode ) dan panjang karakter atau digit.
  3. Item Data : Referensi nama dan himpunan karekteristik elemen-elemen data yang menggambarkan suatu attribute, atau tempat menyimpan setiap attribute dari sebuah entitas.
  4. Entitas : ekumpulan Objek yang terbatas / terdefinisikan yang mempunyai karakteristik sama dan bisa di bedakan dari lainnya. Objek dapat berupa barang, orang, tempat atau suatu kejadian. Contoh : entitas mobil, mahasiswa, nilai ujian dll
  5. Attribut : Deskripsi data yang bisa mengidentifikasikan entitas. Seluruh attribute harus cukup untuk menyatakan identitas objek atau dengan kata lain kumpulan attribute dari setiap entitas dapat mengidentifikasikan keunikan suatu individu. Contoh : entitas mobil terdiri dari attribute no polisi, no registrasi, jenis mobil, tahun pembuatan, bahan bakar yang digunakan, dll
  6. Field : Lokasi penyimpanan untuk salah satu elemen data, atau seuatu elemen yang memiliki attribute dan harga dan merupakan unit informasi terkecil yang bisa diakses.
  7. Record : Lokasi penyimpanan yang terbuat dari rangkaian field yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan beberapa entitas.
  8. File : Sekumpulan record dari tipe tunggal yang berisi elemen-elemen data yang menggambarkan himpunan entitas
  9. Akses Data : Satu cara dimana suatu program mengakses secara fisik record-record dalam file penyimpanan.
OPERASI BERKAS
  1. Create
  2. Write
  3. Read
  4. Reposition
  5. Delete
  6. Truscante
STRUKTUR BERKAS
  1. Bytes                          : Struktur bebas
  2. Record Sequence  : Ukuran dari rekaman-rekaman yang ditentukan panjangnya
  3. Tree                            : Dalam bentuk pohon dan masing-masing berkas memiliki field key 
METODE AKSES
  1. Sequential Access : Akses  ini merupakan yang paling sederhana dan paling umum digunakan. Informasi di dalam berkas diproses secara berurutan. Sebagai contoh, editor dan kompilator biasanya mengakses berkas dengan cara ini.
  2. Direct Access : Metode berikutnya adalah direct access atau bisa disebut relative access. Sebuah berkas dibuat dari rekaman-rekaman logical yang panjangnya sudah ditentukan, yang mengizinkan program untuk membaca dan menulis rekaman secara cepat tanpa urutan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar